KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN

Membuka pelajaran adalah aktifitas Guru untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan pehatian siswa agar terpusat kepada apa yang akan dipelajari.

KOMPONEN DAN ASPEK-ASPEK KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN :

  1. Menarik perhatian siswa :
    • Gaya mengajar Guru (harus berbeda dan karakteristik sendiri)
    • Media pengajaran atau penggunaan alat bantu dalam mengajar (gambar, model, skema, radio)
    • Pola interaksi yang bervariasi
  1. Menimbulkan motivasi :
  • Menunjukkan kehangatan dan keantusiasan kepada siswa.
  • Menimbulkan rasa ingin tahu siswa.
  • Mengemukakan ide-ide yang berbeda.
  • Memperhatikan minat siswa yang sesuai keinginan siswa.
  1. Memberi acuan :
  • Mengemukakan tujuan dan batas-batas tugas pada siswa.
  • Memberi saran tentang langkah-langkah untuk mengerjakan tugas.
  • Mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas dalam pelajaran.
  • Mnegajukan pertanyaan.
  1. Membuat kaitan :
  • Membuat kaitan antara aspek yang relevan dari mata pelajaran yang dikenal siswa.
  • Membandingkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah diketahui

    MENUTUP PELAJARAN :

    Menutup pelajaran adalah kegiatan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran.

    (memberi gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari siswa, mengetahui tingkat pencapaian siswa, dan tingkat keberhasilan Guru dalam proses belajar mengajar )

    BEBERAPA CARA MENUTUP PELAJARAN :

    1. Meninjau kembali dengan cara merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan.

    2. Mengevaluasi denagn berbagai bentuk evaluasi.

    Misal :

    • Mendemontrasikan keterampilan
    • Meminta siswa mengaplikasikan ise baru dal;am situasi yang lain
    • Mengekspresikan pendapan sendiri.
    • Memberi tugas tertulis.

    TUJUAN :

    A. Menimbulkan Perhatian Dan Motivasi Siswa Te4rhadap Tugas-Tugas Yang Akan Dihadapi.

    B. Memungkinkan siswa mengetahui batas-batas tugasnya.

    C. Siswa tahu pendekatan-pendekatan dalam belajar.

    D. Siswa tahu hubungan antara pengalaman yang dikuasai

    E. memberi kemungkinan pada siswa untuk menggabungkan fakta, keterampilan, konsep-konsep yang tercakup didalamnya.

    F. Memungkinkan siswa dapat tahu tingkat keberhasilan dalam belajar.

     

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s