KETERAMPILAN BERTANYA DAN PENGUATAN DALAM MENGAJAR

Bertanya adalah : Stimulus efektif yang mendorong kemampuan berfikir.atau bisa diartikan sebagai kegiatan yang terdapat dalam kehidupan sekari-hari yang bertujuan memperoleh informasi mengenai kal yang belum diketahui

TUJUAN BERTANYA :

  • Menimbulkan Motifasi
  • Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu.
  • Memusatkan perhatian siswa.
  • Melatih dan meningkatkan berfikir.
  • Mendiagnosa kesulitan belajar.
  • Mengukur tingkat pemahaman siswa.
  • Mengembangkan belajar aktif produkrif.

KEBIASAAN YANG HARUS DIHINDARI GURU DALAM BERTANYA :

  • Mengulangi pertanyaan sendiri.
  • Mengulangi jawaban siswa.
  • Menjawab pertanyaan sendiri.
  • Pertanyaan yang memancing jawaban serentak.
  • Pertanyaan ganda.
  • Menentukan siswa yang menjawab, sebelum menentukan pertanyaan.
  • Mengajukan pertanyaan ganda.

KOMPONEN- KOMPONEN BERTANYA BERTANYA DASAR :

  • Pemberian acuan.
  • Pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat.

(mengajukan pertanyaan / memberi informasi)

  • Pemusatan

(berpusat pada jawaban dari luas ke sempit).

  • Pemindahan giliran.
  • Penyebaran pertanyaan

(ganti siswa yang lain).

  • Peberian waktu berfikir.
  • Pemberia tuntunan.

(untuk menentukan jawaban).

  • Menggunakan pertanyaan pelacak.
  • Mengubah tuntunan tingkat kognitif.

PENGGOLONGAN PERTANYAAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

  1. Penguatan / ingatan:

Contoh : Siapa penemu permainan bola voli.

  1. Pertanyaan pemahaman (Comprehension):

Contoh : Diman letak perbedaan antara passing atas dan passing bawah.

  1. Pertanyaan penerapan (application) :

Contoh : Sebutkan macam-macam putaran bola pada service

  1. Pertanyaan analisa :

Contoh : Tadi telah dipraktekkan passing atas, apa kesimpulan untuk mendapatkan passing yang sempurna.

  1. Pertanyaan sintesis :

Contoh : Akibat apa yang dapat terjadi jika dalam melakukan blok tidak sempurna ?

  1. Petanyaan evaluasi :

Contoh : service yang menggunakan pola yang mana yang kamu sukai , Mengapa ?

  1. PENGUATAN :

Penguatan adalah suatu penghargaan pada siswa atas keberhasilan yang di dicapai dalam kegiatan belajar mengajar.

KOMPONEN-KOMPONEN PENGUATAN :

  1. VERBAL (kata-kata / kalimat pujian /dorongan).
  2. Mimik dan gerakan badan.
  3. Mendekati siswa.
  4. Sentuhan (menepik bahu).
  5. Kegiatan yang menyenangkan.
  6. Simbol atau benda

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s