KETERAMPILAN BERTANYA DAN PENGUATAN DALAM MENGAJAR

Bertanya adalah : Stimulus efektif yang mendorong kemampuan berfikir.atau bisa diartikan sebagai kegiatan yang terdapat dalam kehidupan sekari-hari yang bertujuan memperoleh informasi mengenai kal yang belum diketahui.

TUJUAN BERTANYA :

  • Menimbulkan Motifasi
  • Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu.
  • Memusatkan perhatian siswa.
  • Melatih dan meningkatkan berfikir.
  • Mendiagnosa kesulitan belajar.
  • Mengukur tingkat pemahaman siswa.
  • Mengembangkan belajar aktif produkrif.

KEBIASAAN YANG HARUS DIHINDARI GURU DALAM BERTANYA :

  • Mengulangi pertanyaan sendiri.
  • Mengulangi jawaban siswa.
  • Menjawab pertanyaan sendiri.
  • Pertanyaan yang memancing jawaban serentak.
  • Pertanyaan ganda.
  • Menentukan siswa yang menjawab, sebelum menentukan pertanyaan.
  • Mengajukan pertanyaan ganda.

PENGGOLONGAN PERTANYAAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

  1. Penguatan / ingatan:

Contoh : Siapa penemu permainan bola voli.

  1. Pertanyaan pemahaman (Comprehension):

Contoh : Diman letak perbedaan antara passing atas dan passing bawah.

  1. Pertanyaan penerapan (application) :

Contoh : Sebutkan macam-macam putaran bola pada service

  1. Pertanyaan analisa :

Contoh : Tadi telah dipraktekkan passing atas, apa kesimpulan untuk mendapatkan passing yang sempurna.

  1. Pertanyaan sintesis :

Contoh : Akibat apa yang dapat terjadi jika dalam melakukan blok tidak sempurna ?

  1. Petanyaan evaluasi :

Contoh : service yang menggunakan pola yang mana yang kamu sukai , Mengapa ?

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s